By Alamii Marketing Team

Manfaat Tomat dan Tips Mengkonsumsinya yang Wajib Diketahui!

Buah merah ini ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan! Dapatkan juga tips konsumsi tomat yang baik.

Seringkali kita melihat hidangan menggunakan tomat sebagai salah satu bahan pembuatnya. Memiliki warna merah yang menarik, rasa yang masam tapi menyegarkan, dan tekstur yang lunak, menjadikan tomat diminati banyak orang dan dijadikan campuran dalam hidangan. Tomat dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Mulai dari Pizza Marinara, aneka saus dalam pasta, salad, dan masih banyak lagi. 

 

Tomat mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh, menjadikannya pilihan yang baik dalam pola makan sehari-hari. Kandungan gizi yang terdapat di dalam tomat pastinya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dan porsi yang sesuai.

Manfaat Kesehatan dari Tomat

  • Menunda kerusakan sel
  • Zat warna merah yang terdapat pada tomat disebut likopen. Likopen ini dapat memberikan manfaat sebagai antioksidan yang salah satu kegunaannya adalah sebagai pencegah radikal bebas. Antioksidan bekerja dengan cara menunda kerusakan sel yang terjadi karena oksidasi oleh oksidan atau radikal bebas.

     

  • Melancarkan pencernaan 
  • Tomat mengandung serat dan air yang cukup banyak, bisa dilihat dari tekstur tomat yang berair. Kandungan serat dan air pada tomat ternyata dapat membantu melancarkan pencernaan. 

     

  • Menjaga sistem imun tubuh
  • Sayur dan buah-buahan terkenal mengandung berbagai vitamin. Tomat mengandung berbagai vitamin, salah satunya adalah vitamin c. Vitamin ini dapat berperan dalam menjaga sistem imun tubuh.

     

  • Menjaga kesehatan kulit 
  • Kulit yang sehat dapat terwujud jika mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi, seperti tomat. Kandungan vitamin c pada tomat juga bisa membantu dalam pembentukan kolagen pada tubuh. Kolagen diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit.

     

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Memiliki jantung yang sehat merupakan dambaan semua orang. Mengkonsumsi Tomat  ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan tomat mengandung beta karoten. 

     

     

    Manfaat kesehatan yang diberikan tomat sangat banyak dan bermanfaat untuk tubuh. Pertimbangkan tomat untuk masuk ke dalam pola makan sehari-hari, agar memperoleh manfaatnya. Kelezatan dan manfaat tomat dapat diperoleh dari cemilan yang dapat dikonsumsi diantara waktu makan.

     

    Cemilan sehat dengan rasa tomat dapat diperoleh dari Alamii Cheesy Tomato Puffs. Cemilan sehat ini terbuat dari tomat dan juga keju yang memberikan rasa khas tomat dan gurih keju, cocok menjadi cemilan yang menyehatkan. Alamii Cheesy Tomato Puffs terbuat dari bahan tomat premium dan tidak menggunakan bahan buatan, memberikannya cita rasa yang alami.  dalam setiap gigitannya. Alamii Cheesy Tomato Puffs  diproses dengan dipanggang dan tidak digoreng. 

     

     

    Setelah mengetahui ragam manfaat tomat untuk kesehatan, pastikan untuk mengetahui tips dalam mengkonsumsinya. Tujuannya adalah agar tidak sampai salah memilih atau malah menghilangkan zat gizinya. Simak tips berikut dalam memilih dan menyimpan tomat.  

     

    Tips Konsumsi Tomat

     

  • Pastikan tampilannya masih layak dikonsumsi  
  • Tomat yang bagus untuk dikonsumsi masih berwarna merah cerah atau merah dengan sedikit kehijauan, bentuk juga masih sempurna belum penyok ataupun bolong, selain itu teksturnya juga tidak terlalu lembek atau kering, dan aromanya tidak menyengat. Dari penampilan tomat yang masih bagus sudah dapat dipastikan apakah tomat masih layak dikonsumsi atau tidak. 

     

  • Pastikan menyimpan pada tempat yang sesuai
  • Tomat dapat disimpan di dalam kulkas dan di suhu ruang.  Bagi tomat yang ketika dibeli sudah matang, lebih baik simpan di kulkas dengan cara dimasukkan ke dalam wadah tertutup lalu simpan di kulkas. Apabila membeli tomat yang belum matang, tomat dapat disimpan dalam suhu ruang, seperti diletakkan di meja dapur atau lemari dapur tanpa dibungkus apapun. 

     

  • Olah dengan benar
  • Tomat dapat dikonsumsi secara mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Pastikan untuk mencuci bersih tomat dan memastikan bentuknya masih bagus dan tidak berbau menyengat. Dapatkan manfaat tomat dengan memastikan tomat masih dapat dikonsumsi. 

     

    Dari berbagai manfaat tomat di atas, pastikan jangan sampai terlewat dalam mengkonsumsi tomat dalam pola makan sehari-hari. Ikuti juga tips mengkonsumsi tomat di atas agar mendapatkan seluruh manfaat tomat!